Selamat Datang

Selamat Datang

Sabtu, 18 Juni 2011

"MACAM-MACAM VIRUS KOMPUTER DAN DAMPAKNYA"

Macam - Macam Virus Komputer
Virus Komputer adalah program yang mengganggu sistem kerja komputer. Nah sebelum komputer kita terserang virus ada baiknya sedikit banyak kita mengetahui macam macam virus komputer :

1. Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

2. Virus Bagle BC, virus ini ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

2. Virus File, adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL dan *.OVY. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.

3. Virus Sistem, atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.

4. Virus Boot Sector, virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

5. Virus Dropper, suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

6. Virus Script/Batch, awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.

7. Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

8. Virus Polymorphic, dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.

9. Virus Stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.

10. Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.

11. Worm, ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.

12. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.

13. Trojan horse, disebut juga kuda troya. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk.

14. Backdoor Alnica, virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte

15. Trojan di Linux. Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat "security@redhat.com" karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat "secalert@redhat.com" dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan. 
Tidak semua perangkat lunak dibuat untuk kekbaikan, ada pula yang dibuat untuk merusak software yang lain yang telah ada, misalnya virus komputer. Virus yang ada hingga kini lebih dari 15.000 jenis dan jenis yang lain terus bermunculan seiring dengan perkembangan software yang ada. Pembuatan virus komputer memang disengaja untuk memodifikasi program orang lain, sehingga program tersebut menjadi kacau dan tidak dapat digunakan kembali. Ada pula yang membuat virus untuk popularitas dan komersial, misalnya dengan membuat pembasmi virus atau disebut antivirus.

Virus merupakan sebuah program yang dapat memecahkan diri dan dapat meng-copy dirinya pada program lain. Jadi, virus ini seperti tumbuhan benalu yang selalu bergantung pada program lainnya, walaupun ada beberapa virus yang dapat berdiri sendiri tanpa harus bergantung pada program lain. Virus dapat aktif dan bekerja bila program yang terifeksi dijalankan. Misalnya, virus die hard 2 yang menyerang file command.com. bila file command.com dijalankan, virus secara otomatis akan aktif menyebar ke file-file yang lain yang mempunyai extention com dan exe (file.com dan file.exe) virus komputer menginfeksi dan menyebarkan dirinya melalui media penyimpanan, seperti harddisk, tape, dan floppy disk

Virus dapat dikenali dari beberapa jenis, antara lain :
1. jenis virus menurut cara penyebarannya
a. virus boot sector/partisi.
Virus ini menyerang floppy disk atau haddisk pada sector 0 (boot sector). Sedangkan virus partisi hanya menyerang harddisk karena pada floppy disk idak terdapat partisi table. Virus boot sector sangat berbahaya karena apabila harddisk atau floppy dik terserang virus jenis ini akan berakibat tidak dapat digunakan nya floppy disk atau harddisk tersebut.

b. virus file
virus file bersifat menumpang pada file lain. Virus ini dapat diibaratkan sebagai benalu pada pohon, yaitu virus ini akan berbahaya bila telah mencapai jumlah tertentu. Virus file pada awalnya sulit terdeteksi, namun kini telah ada antivirus yang dapat mendeteksi dan menghilangkan virus jenis ini.
c. virus hybrid
virus hybrid sangt pandai menyamar, seakan-akan virus tersebut hanyalah file biasa. Anda dapat terkecoh oleh jenis virus ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah anda bila menggunakan komputer.

2. jenis virus menurut tingkat keganasannya
a. virus jinak
jenis virus jinak tidak membahayakan komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.. jenis virus ini hanya bersifat mengganggu program komputer. Jadi, anda akan terganggu saat mengerjakan tugas-tugas dengan menggunakan komputer. Walaupun jinak, jenis virus ini sangat mengganggu pekerjaan anda. Misalnya anda akan mengerjakan tugas dengan komputer, komputer akan terheti sejenak dan mengeluarkan tulisan-tulisan yang aneh. Biasanya, tulisan-tulisan tersebut akan keluar dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu jam atau setiap setengah jam

b. virus ganas
virus ganas sesuai dengan namanya lebih berbahaya dari tingkat di atas karena dapat merusak system operasi atau program dalam komputer. Jenis virus ini sulit terdeteksi karena biasanya menumpang pada file lain dengan extention tertentu. Misalnya ,menumpang pada file ber-extoention COM , dan EXE

c. virus mematikan
virus jenis ini selainn dapat merusak system operasi atau program komputer, juga dapat merusak hardware-nya sendiri, terutama pada media penyimpanannya.

3. jenis virus menurut tujuannya
a. untuk poopularitas
dengan perkembangan media informasi yang pesat, banyak pprogrammer yang ingin terkenal di seluruh Negara di dunia. Memang salah satu caranya untuk memperkenalkan diri, yaitu dengan membuat penyakit di bidang komputer. Dengan maraknya virus yang dibuat, kini di beberapa Negara maju telah dibuat undang-undang yang mengatur masalah ini. Undang-undang tersebut dimaksudkan unutuk melindungi konsumen di bidang software dan hardware. Biasanya para pembuat virus komputer akan di hukum penjara dalam waktu tertentu atau denda uang dengan jumlah tertentu sesuai dengan tingkat pendapatan Negara tersebut.

b. untuk tujuan proteksi
virus komputer dapat pula dibuat uuntuk memproteksi data suatu instansi pemerintah atau swasta. Misalnya, data perusahaan yang sangat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh beberapa orang saja. Data tersebut akan dikunci dengan password. Jika password tersebut salah dalam tiga kali pengisian pada kolom password, ia akan dianggap pemakai tidak sah dan menularkan virus atau menyerang pemakai tersebut serta akan merusak komputer pemakai.

c. untuk tujuan sabotase.
Selain tujuan diatas, virus juga dibuat untuk sabotase. Ini banyak terjadi di Negara-negara maju yang telah terintegrasi data Negara tersebut pada bank data. Adapun cara penyebarannya adalah dengan menyusup kan virus pada jaringan komputer.

d. unutuk tujuan komersial
selain bertujuan unutuk merusak, virus juga dapat digunakan untuk tujuan komersial. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya perusahaan pembuat antivirus. Atau dapat pula virus dibuat pertama kali dan bila virus tersebut telah menyebar luas, pada waktu tertentu pembuat virus tersebut akan menjual antiivirusnya kepada konsumen yang terkena virus hasil buatannya.

Virus yang kini berjumlah lebih dari 15.000 tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa nama, antara lain :
1. virus worm
- virus yang tidak bergantung pada program lain (berdiri sendiri)
- virus ini berkembang dengan cara memperbanyak dirinya sendiri dari satu komputer ke komputer lain


- virus ini berbahaya, tetapi tidak menyerang program, atau tidak mengubah suatu program dan tidak merusak data.
- virus bekerja dengan cara membuat macet dan sering membuat jaringan down sendiri.

2. virus Trojan horse
- virus ini diambil dari cara berperang bangsa romawi, yaitu berperang dengan cara menyelundupkan pasukan ke dalam kuda kudaan yang besar dan dikirim ke dalam benteng musuh.
- virus ini merupakan penggalan program yang bersembunyi dan membentuk suatu fungsi yang tersembunyi.
- virus ini biasanya disembunyikan ke dalam program yang menarik pengguna, misalnya program game baru.
- terdapat beberap virus-virus yang cerdik, yiatu :
* tidak dapat terdeteksi
* kehadirannya tidak meninggalkan jejak
* virus ini deprogram uuntuk menghancurkan dirinya sendiri sebelum terdeteksi

3. virus bomb
- virus ini sejenis dengan virus Trojan horse
- virus Trojan bekerja dengan menggunakan waaktu (jam atau tanggal) dan kondisi tertentu
- virus yang bekerja dengan menggunakan data waktu disebut dengan bomb waktuu (time bomb). Dan virus yang bekerja dengan kejadian tertentu atau kodisi tertentu disebut dengan bom logika (logic bomb)

4. virus trap door (virus back door)
- virus ini dirancang khusus untuk masuk ke dalam suatu system jaringan dengan cara membuat jalan rahasia dan melalui jalur belakang.
- kadaang kala pembuat program membuat tpar door di dalam program uuntuk memonitor suatu operasi.

5. virus spoof
- virus ini pada umumnya diberikan untuk program yang melakukan suatu trik dengan memeberikan hak-hak istimewa kepada user atau pengguna.

6. lain-lain
- virus crabs, yaitu suatu program virus yang menyerang atau mengganggu tampilan data pada layar monitor
- virus rabbits, yaitu nama lain dari program yang memproduksi dirinya sendiri dengan sangat cepat.
- virus bacteria, yaitu suatu program virus yang tidak melakukan apapun, tetapi virus ini memperbanyak dirinya sendiri. Biasanya virus ini berlokasi pada memory, disk,d an lain-lain
- virus creeper, yaitu suatu programvirus yang menyebar dari suatu terminal ke terminal lainnya. Virus ini seperti virus worm.
- virus salamis, yaitu suatu program virus yang ditujukan uuntuk menyerang nila-nilai uang dari file transaksi bank, terutama menyerang nilai pecahan

Selain virus sebagai penyebab kerusakan komputer dari factor perangkat lunak, ada pula penyebab lain yang disebabkan oleh factor perangkat lunak, yaitu tumpang tindihnya file program yang satu dengan file program yang lain atau sering disebut tubrukan file program. Tubrukan file-file program dapat terjadi bila ada file yang sama namanya antara program yang satu dengan program yang lain dalam satu directory atau folder.

Kerusakan yang lain adalah terhapusnya file dan modifikasi file program. Bila salah satu file system pada program terhapus, akibatnya program tersebut tidak dapat digunakan. Karena program merupakan suatu system antara file yang satu dengan yang lain , sehingga bila salah satu kompnen file tersebut hilang, system program tersebut tidak dapat digunkan. Demikian dengan file yang dimodifikasi.


Tidak semua perangkat lunak dibuat untuk kekbaikan, ada pula yang dibuat untuk merusak software yang lain yang telah ada, misalnya virus komputer. Virus yang ada hingga kini lebih dari 15.000 jenis dan jenis yang lain terus bermunculan seiring dengan perkembangan software yang ada. Pembuatan virus komputer memang disengaja untuk memodifikasi program orang lain, sehingga program tersebut menjadi kacau dan tidak dapat digunakan kembali. Ada pula yang membuat virus untuk popularitas dan komersial, misalnya dengan membuat pembasmi virus atau disebut antivirus.

Virus merupakan sebuah program yang dapat memecahkan diri dan dapat meng-copy dirinya pada program lain. Jadi, virus ini seperti tumbuhan benalu yang selalu bergantung pada program lainnya, walaupun ada beberapa virus yang dapat berdiri sendiri tanpa harus bergantung pada program lain. Virus dapat aktif dan bekerja bila program yang terifeksi dijalankan. Misalnya, virus die hard 2 yang menyerang file command.com. bila file command.com dijalankan, virus secara otomatis akan aktif menyebar ke file-file yang lain yang mempunyai extention com dan exe (file.com dan file.exe) virus komputer menginfeksi dan menyebarkan dirinya melalui media penyimpanan, seperti harddisk, tape, dan floppy disk

Virus dapat dikenali dari beberapa jenis, antara lain :
1. jenis virus menurut cara penyebarannya
a. virus boot sector/partisi.
Virus ini menyerang floppy disk atau haddisk pada sector 0 (boot sector). Sedangkan virus partisi hanya menyerang harddisk karena pada floppy disk idak terdapat partisi table. Virus boot sector sangat berbahaya karena apabila harddisk atau floppy dik terserang virus jenis ini akan berakibat tidak dapat digunakan nya floppy disk atau harddisk tersebut.

b. virus file
virus file bersifat menumpang pada file lain. Virus ini dapat diibaratkan sebagai benalu pada pohon, yaitu virus ini akan berbahaya bila telah mencapai jumlah tertentu. Virus file pada awalnya sulit terdeteksi, namun kini telah ada antivirus yang dapat mendeteksi dan menghilangkan virus jenis ini.
c. virus hybrid
virus hybrid sangt pandai menyamar, seakan-akan virus tersebut hanyalah file biasa. Anda dapat terkecoh oleh jenis virus ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah anda bila menggunakan komputer.

2. jenis virus menurut tingkat keganasannya
a. virus jinak
jenis virus jinak tidak membahayakan komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.. jenis virus ini hanya bersifat mengganggu program komputer. Jadi, anda akan terganggu saat mengerjakan tugas-tugas dengan menggunakan komputer. Walaupun jinak, jenis virus ini sangat mengganggu pekerjaan anda. Misalnya anda akan mengerjakan tugas dengan komputer, komputer akan terheti sejenak dan mengeluarkan tulisan-tulisan yang aneh. Biasanya, tulisan-tulisan tersebut akan keluar dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu jam atau setiap setengah jam


b. virus ganas
virus ganas sesuai dengan namanya lebih berbahaya dari tingkat di atas karena dapat merusak system operasi atau program dalam komputer. Jenis virus ini sulit terdeteksi karena biasanya menumpang pada file lain dengan extention tertentu. Misalnya ,menumpang pada file ber-extoention COM , dan EXE

c. virus mematikan
virus jenis ini selainn dapat merusak system operasi atau program komputer, juga dapat merusak hardware-nya sendiri, terutama pada media penyimpanannya.

3. jenis virus menurut tujuannya
a. untuk poopularitas
dengan perkembangan media informasi yang pesat, banyak pprogrammer yang ingin terkenal di seluruh Negara di dunia. Memang salah satu caranya untuk memperkenalkan diri, yaitu dengan membuat penyakit di bidang komputer. Dengan maraknya virus yang dibuat, kini di beberapa Negara maju telah dibuat undang-undang yang mengatur masalah ini. Undang-undang tersebut dimaksudkan unutuk melindungi konsumen di bidang software dan hardware. Biasanya para pembuat virus komputer akan di hukum penjara dalam waktu tertentu atau denda uang dengan jumlah tertentu sesuai dengan tingkat pendapatan Negara tersebut.

b. untuk tujuan proteksi
virus komputer dapat pula dibuat uuntuk memproteksi data suatu instansi pemerintah atau swasta. Misalnya, data perusahaan yang sangat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh beberapa orang saja. Data tersebut akan dikunci dengan password. Jika password tersebut salah dalam tiga kali pengisian pada kolom password, ia akan dianggap pemakai tidak sah dan menularkan virus atau menyerang pemakai tersebut serta akan merusak komputer pemakai.

c. untuk tujuan sabotase.
Selain tujuan diatas, virus juga dibuat untuk sabotase. Ini banyak terjadi di Negara-negara maju yang telah terintegrasi data Negara tersebut pada bank data. Adapun cara penyebarannya adalah dengan menyusup kan virus pada jaringan komputer.

d. unutuk tujuan komersial
selain bertujuan unutuk merusak, virus juga dapat digunakan untuk tujuan komersial. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya perusahaan pembuat antivirus. Atau dapat pula virus dibuat pertama kali dan bila virus tersebut telah menyebar luas, pada waktu tertentu pembuat virus tersebut akan menjual antiivirusnya kepada konsumen yang terkena virus hasil buatannya.

Virus yang kini berjumlah lebih dari 15.000 tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa nama, antara lain :
1. virus worm
- virus yang tidak bergantung pada program lain (berdiri sendiri)
- virus ini berkembang dengan cara memperbanyak dirinya sendiri dari satu komputer ke komputer lain

- virus ini berbahaya, tetapi tidak menyerang program, atau tidak mengubah suatu program dan tidak merusak data.
- virus bekerja dengan cara membuat macet dan sering membuat jaringan down sendiri.

2. virus Trojan horse
- virus ini diambil dari cara berperang bangsa romawi, yaitu berperang dengan cara menyelundupkan pasukan ke dalam kuda kudaan yang besar dan dikirim ke dalam benteng musuh.
- virus ini merupakan penggalan program yang bersembunyi dan membentuk suatu fungsi yang tersembunyi.
- virus ini biasanya disembunyikan ke dalam program yang menarik pengguna, misalnya program game baru.
- terdapat beberap virus-virus yang cerdik, yiatu :
* tidak dapat terdeteksi
* kehadirannya tidak meninggalkan jejak
* virus ini deprogram uuntuk menghancurkan dirinya sendiri sebelum terdeteksi

3. virus bomb
- virus ini sejenis dengan virus Trojan horse
- virus Trojan bekerja dengan menggunakan waaktu (jam atau tanggal) dan kondisi tertentu
- virus yang bekerja dengan menggunakan data waktu disebut dengan bomb waktuu (time bomb). Dan virus yang bekerja dengan kejadian tertentu atau kodisi tertentu disebut dengan bom logika (logic bomb)

4. virus trap door (virus back door)
- virus ini dirancang khusus untuk masuk ke dalam suatu system jaringan dengan cara membuat jalan rahasia dan melalui jalur belakang.
- kadaang kala pembuat program membuat tpar door di dalam program uuntuk memonitor suatu operasi.

5. virus spoof
- virus ini pada umumnya diberikan untuk program yang melakukan suatu trik dengan memeberikan hak-hak istimewa kepada user atau pengguna.

6. lain-lain
- virus crabs, yaitu suatu program virus yang menyerang atau mengganggu tampilan data pada layar monitor
- virus rabbits, yaitu nama lain dari program yang memproduksi dirinya sendiri dengan sangat cepat.
- virus bacteria, yaitu suatu program virus yang tidak melakukan apapun, tetapi virus ini memperbanyak dirinya sendiri. Biasanya virus ini berlokasi pada memory, disk,d an lain-lain
- virus creeper, yaitu suatu programvirus yang menyebar dari suatu terminal ke terminal lainnya. Virus ini seperti virus worm.
- virus salamis, yaitu suatu program virus yang ditujukan uuntuk menyerang nila-nilai uang dari file transaksi bank, terutama menyerang nilai pecahan

Selain virus sebagai penyebab kerusakan komputer dari factor perangkat lunak, ada pula penyebab lain yang disebabkan oleh factor perangkat lunak, yaitu tumpang tindihnya file program yang satu dengan file program yang lain atau sering disebut tubrukan file program. Tubrukan file-file program dapat terjadi bila ada file yang sama namanya antara program yang satu dengan program yang lain dalam satu directory atau folder.

Kerusakan yang lain adalah terhapusnya file dan modifikasi file program. Bila salah satu file system pada program terhapus, akibatnya program tersebut tidak dapat digunakan. Karena program merupakan suatu system antara file yang satu dengan yang lain , sehingga bila salah satu kompnen file tersebut hilang, system program tersebut tidak dapat digunkan. Demikian dengan file yang dimodifikasi.


Tidak semua perangkat lunak dibuat untuk kebaikan, ada pula yang dibuat untuk merusak software yang lain yang telah ada, misalnya virus komputer. Virus yang ada hingga kini lebih dari 15.000 jenis dan jenis yang lain terus bermunculan seiring dengan perkembangan software yang ada. Pembuatan virus komputer memang disengaja untuk memodifikasi program orang lain, sehingga program tersebut menjadi kacau dan tidak dapat digunakan kembali. Ada pula yang membuat virus untuk popularitas dan komersial, misalnya dengan membuat pembasmi virus atau disebut antivirus.

Virus merupakan sebuah program yang dapat memecahkan diri dan dapat meng-copy dirinya pada program lain. Jadi, virus ini seperti tumbuhan benalu yang selalu bergantung pada program lainnya, walaupun ada beberapa virus yang dapat berdiri sendiri tanpa harus bergantung pada program lain. Virus dapat aktif dan bekerja bila program yang terifeksi dijalankan. Misalnya, virus die hard 2 yang menyerang file command.com. bila file command.com dijalankan, virus secara otomatis akan aktif menyebar ke file-file yang lain yang mempunyai extention com dan exe (file.com dan file.exe) virus komputer menginfeksi dan menyebarkan dirinya melalui media penyimpanan, seperti harddisk, tape, dan floppy disk

Virus dapat dikenali dari beberapa jenis, antara lain :
1. jenis virus menurut cara penyebarannya
a. virus boot sector/partisi.
Virus ini menyerang floppy disk atau haddisk pada sector 0 (boot sector). Sedangkan virus partisi hanya menyerang harddisk karena pada floppy disk idak terdapat partisi table. Virus boot sector sangat berbahaya karena apabila harddisk atau floppy dik terserang virus jenis ini akan berakibat tidak dapat digunakan nya floppy disk atau harddisk tersebut.

b. virus file
virus file bersifat menumpang pada file lain. Virus ini dapat diibaratkan sebagai benalu pada pohon, yaitu virus ini akan berbahaya bila telah mencapai jumlah tertentu. Virus file pada awalnya sulit terdeteksi, namun kini telah ada antivirus yang dapat mendeteksi dan menghilangkan virus jenis ini.
c. virus hybrid
virus hybrid sangt pandai menyamar, seakan-akan virus tersebut hanyalah file biasa. Anda dapat terkecoh oleh jenis virus ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah anda bila menggunakan komputer.

2. jenis virus menurut tingkat keganasannya
a. virus jinak
jenis virus jinak tidak membahayakan komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.. jenis virus ini hanya bersifat mengganggu program komputer. Jadi, anda akan terganggu saat mengerjakan tugas-tugas dengan menggunakan komputer. Walaupun jinak, jenis virus ini sangat mengganggu pekerjaan anda. Misalnya anda akan mengerjakan tugas dengan komputer, komputer akan terheti sejenak dan mengeluarkan tulisan-tulisan yang aneh. Biasanya, tulisan-tulisan tersebut akan keluar dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu jam atau setiap setengah jam

b. virus ganas
virus ganas sesuai dengan namanya lebih berbahaya dari tingkat di atas karena dapat merusak system operasi atau program dalam komputer. Jenis virus ini sulit terdeteksi karena biasanya menumpang pada file lain dengan extention tertentu. Misalnya ,menumpang pada file ber-extoention COM , dan EXE

c. virus mematikan
virus jenis ini selainn dapat merusak system operasi atau program komputer, juga dapat merusak hardware-nya sendiri, terutama pada media penyimpanannya.

3. jenis virus menurut tujuannya
a. untuk poopularitas
dengan perkembangan media informasi yang pesat, banyak pprogrammer yang ingin terkenal di seluruh Negara di dunia. Memang salah satu caranya untuk memperkenalkan diri, yaitu dengan membuat penyakit di bidang komputer. Dengan maraknya virus yang dibuat, kini di beberapa Negara maju telah dibuat undang-undang yang mengatur masalah ini. Undang-undang tersebut dimaksudkan unutuk melindungi konsumen di bidang software dan hardware. Biasanya para pembuat virus komputer akan di hukum penjara dalam waktu tertentu atau denda uang dengan jumlah tertentu sesuai dengan tingkat pendapatan Negara tersebut.

b. untuk tujuan proteksi
virus komputer dapat pula dibuat uuntuk memproteksi data suatu instansi pemerintah atau swasta. Misalnya, data perusahaan yang sangat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh beberapa orang saja. Data tersebut akan dikunci dengan password. Jika password tersebut salah dalam tiga kali pengisian pada kolom password, ia akan dianggap pemakai tidak sah dan menularkan virus atau menyerang pemakai tersebut serta akan merusak komputer pemakai.

c. untuk tujuan sabotase.
Selain tujuan diatas, virus juga dibuat untuk sabotase. Ini banyak terjadi di Negara-negara maju yang telah terintegrasi data Negara tersebut pada bank data. Adapun cara penyebarannya adalah dengan menyusup kan virus pada jaringan komputer.

d. unutuk tujuan komersial
selain bertujuan unutuk merusak, virus juga dapat digunakan untuk tujuan komersial. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya perusahaan pembuat antivirus. Atau dapat pula virus dibuat pertama kali dan bila virus tersebut telah menyebar luas, pada waktu tertentu pembuat virus tersebut akan menjual antiivirusnya kepada konsumen yang terkena virus hasil buatannya.

Virus yang kini berjumlah lebih dari 15.000 tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa nama, antara lain :
1. virus worm
- virus yang tidak bergantung pada program lain (berdiri sendiri)
- virus ini berkembang dengan cara memperbanyak dirinya sendiri dari satu komputer ke komputer lain

- virus ini berbahaya, tetapi tidak menyerang program, atau tidak mengubah suatu program dan tidak merusak data.
- virus bekerja dengan cara membuat macet dan sering membuat jaringan down sendiri.

2. virus Trojan horse
- virus ini diambil dari cara berperang bangsa romawi, yaitu berperang dengan cara menyelundupkan pasukan ke dalam kuda kudaan yang besar dan dikirim ke dalam benteng musuh.
- virus ini merupakan penggalan program yang bersembunyi dan membentuk suatu fungsi yang tersembunyi.
- virus ini biasanya disembunyikan ke dalam program yang menarik pengguna, misalnya program game baru.
- terdapat beberap virus-virus yang cerdik, yiatu :
* tidak dapat terdeteksi
* kehadirannya tidak meninggalkan jejak
* virus ini deprogram uuntuk menghancurkan dirinya sendiri sebelum terdeteksi

3. virus bomb
- virus ini sejenis dengan virus Trojan horse
- virus Trojan bekerja dengan menggunakan waaktu (jam atau tanggal) dan kondisi tertentu
- virus yang bekerja dengan menggunakan data waktu disebut dengan bomb waktuu (time bomb). Dan virus yang bekerja dengan kejadian tertentu atau kodisi tertentu disebut dengan bom logika (logic bomb)

4. virus trap door (virus back door)
- virus ini dirancang khusus untuk masuk ke dalam suatu system jaringan dengan cara membuat jalan rahasia dan melalui jalur belakang.
- kadaang kala pembuat program membuat tpar door di dalam program uuntuk memonitor suatu operasi.

5. virus spoof
- virus ini pada umumnya diberikan untuk program yang melakukan suatu trik dengan memeberikan hak-hak istimewa kepada user atau pengguna.

6. lain-lain
- virus crabs, yaitu suatu program virus yang menyerang atau mengganggu tampilan data pada layar monitor
- virus rabbits, yaitu nama lain dari program yang memproduksi dirinya sendiri dengan sangat cepat.
- virus bacteria, yaitu suatu program virus yang tidak melakukan apapun, tetapi virus ini memperbanyak dirinya sendiri. Biasanya virus ini berlokasi pada memory, disk,d an lain-lain
- virus creeper, yaitu suatu programvirus yang menyebar dari suatu terminal ke terminal lainnya. Virus ini seperti virus worm.
- virus salamis, yaitu suatu program virus yang ditujukan uuntuk menyerang nila-nilai uang dari file transaksi bank, terutama menyerang nilai pecahan

Selain virus sebagai penyebab kerusakan komputer dari factor perangkat lunak, ada pula penyebab lain yang disebabkan oleh factor perangkat lunak, yaitu tumpang tindihnya file program yang satu dengan file program yang lain atau sering disebut tubrukan file program. Tubrukan file-file program dapat terjadi bila ada file yang sama namanya antara program yang satu dengan program yang lain dalam satu directory atau folder.

Kerusakan yang lain adalah terhapusnya file dan modifikasi file program. Bila salah satu file system pada program terhapus, akibatnya program tersebut tidak dapat digunakan. Karena program merupakan suatu system antara file yang satu dengan yang lain , sehingga bila salah satu kompnen file tersebut hilang, system program tersebut tidak dapat digunkan. Demikian dengan file yang dimodifikasi.

1 komentar:

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)